Travel

Tips Traveling Bersama Bayi Menggunakan Pesawat

Tips Traveling Bersama Bayi Menggunakan Pesawat

Musim liburan tahun baruan seperti ini memang enaknya membawa keluarga kecil Anda berlibur di suatu tempat untuk menikmati pergantian tahun dengan suasana yang berbeda. Hanya saja mungkin Anda harus menunda rencana tersebut karena alasan buah hati Anda masih bayi dan masih terlalu kecil untuk naik pesawat. Jika umur bayi masih dibawah satu bulan, alasan tersebut sangat tepat sekali namun jika umur bayi sudah lebih dari tiga bulan tidak akan menjadi masalah. Liburan bersama bayi juga bisa lebih menenangkan karena biasanya mereka cenderung tidur seharian sehingga kedua orang tua memiliki banyak waktu untuk bersantai. Jadi tidak ada alasan untuk menunda liburan asalkan Anda tahu bagaimana caranya traveling bersama bayi menggunakan pesawat dengan aman tanpa kerepotan.

Persiapan Awal

Persiapan awal adalah persiapan yang harus Anda lakukan sebelum keberangkatan.

  • Pada saat pemesanan tiket, pilihlah jadwal terbang yang bertepatan dengan jadwal tidur si bayi kecil sehingga dia tidak akan terlalu rewel selama perjalanan.
  • Beli tambahan satu seat untuk bayi Anda sehingga akan lebih leluasa bagi Anda untuk mengurus sang buah hati ketika di pesawat.

  • Pastikan pihak maskapai mengetahui bahwa Anda akan bepergian dengan seorang bayi sehingga bisa diaturkan untuk mendapatkan tempat duduk di pinggir lorong,
  • Selain itu informasikan ke pihak maskapai untuk memberikan kursi di bagian depan yang agak lebih luas dan jangan kursi di deretan emergency exit.
  • Periksakan kesehatan si kecil sebelum keberangkatan dan jika perlu minta surat keterangan dari dokter untuk meyakinkan pihak maskapai bahwa bayi Anda layak untuk bepergian menggunakan pesawat.

Persiapan Ketika di Bandara

Permasalahan yang sering dihadapi di Indonesia adalah keterlambatan atau bergesernya jadwal penerbangan sehingga bayi akan mudah lelah dan rewel.

  • Check in lah lebih awal untuk menghindari segala kerusuhan yang biasa terjadi di antrian ketika mendekati waktu keberangkatan.
  • Pilih area No Smoking selama menunggu pesawat.
  • Pastikan Anda membawa perlengkapan dasar bayi seperti popok tambahan, selimut, tisu basah, baju ganti, mainan dan cemilan untuk si kecil dan dibawa dalam satu tas ringkas saja jangan terlalu banyak sebagai persiapan jika harus menunggu di ruang tunggu lebih lama.

Persiapan Ketika di Pesawat

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya penting untuk menginfokan kepada awak pesawat bahwa Anda akan traveling bersama bayi menggunakan pesawat sehingga jika Anda membutuhkan sesuatu mereka sudah siap untuk membantu.

  • Susui bayi Anda ketika pesawat hendak tinggal landas dan nanti ketika hendak mendarat untuk membantu menyeimbangkan tekanan udara di telinga bayi akibat perubahan tekanan udara di dalam pesawat. Karena kalau tidak bayi bisa rewel selama perjalanan karena perasaan kurang nyaman. Jika Anda risih menyusui di antara orang asing, bisa infokan terlebih dahulu kepada awal pesawat untuk meminta izin menyusui di area yang sepi penumpang. Setelah tekanan udara stabil, Anda bisa kembali duduk di kursi Anda.
  • Jika tidak memungkinkan untuk berpindah tempat duduk, bawa saja botol ASIP karena saat ini cairan ASIP boleh dibawa ke kabin pesawat atau menggunakan penutup yang juga dapat berfungsi sebagai selimut untuk bayi.
  • Pastikan buah hati Anda mengenakan pakaian yang cukup hangat atau bawalah selimut karena udara di dalam pesawat biasanya sangat dingin.
  • Pastikan bayi Anda tidak dalam keadaan dehidrasi karena selain udara di pesawat cenderung kering, bayi yang kehausan akan cenderung rewel.
  • Saat pesawat sudah mendarat jangan terburu-buru untuk segera keluar, bersabarlah dan tunggu sampai semua penumpang sudah turun karena tidak ada gunanya berdesak-desakan.

Jadi sudah tahukan bahwa traveling bersama bayi menggunakan pesawat bukanlah tidak mungkin asalkan Anda tahu tahapan penting yang harus dilakukan mulai dari pemesanan tiket sampai ketika pesawat mendarat di tempat tujuan. Selamat liburan tahun baru.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top