Travel

Tips Traveling Saat Pandemi, Aman Dan Nyaman

Tips Traveling Saat Pandemi, Aman Dan Nyaman

This post is also available in: English

Tips traveling saat pandemi memang menjadi salah satu yang paling dicari di mesin pencarian google. Karena liburan sendiri sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi seseorang untuk mencapai keseimbangan hidup.

Sayangnya, pada masa pandemi saat ini banyak destinasi wisata yang ditutup sementara waktu. Namun, setelah memasuki masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal, sejumlah tempat wisata sudah mulai dibuka untuk wisatawan.

Meskipun virus Corona masih merebak di mana-mana dan membuat kita harus berada di rumah, bukan berarti traveling menjadi hal yang mustahil. Ada saatnya kita sangat membutuhkan refreshing, tapi tentu saja harus memenuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Tips Liburan Saat Pandemi Covid-19

Kondisi berlibur saat ini pun sangat berbeda dengan masa-masa sebelum pandemi. Karena itulah rencana perjalanan harus disusun sematang mungkin. Untuk membantu merencanakan perjalanan anda, berikut ini beberapa tips untuk liburan saat pandemi agar aman dan nyaman.

Sebelum Keberangkatan

Sebelum berangkat liburan pastikan dulu perkembangan kasus Covid-19 serta kebijakan pemerintah daerah setempat. Pastikan pula apakah tempat yang anda tuju tidak menerapkan lockdown, karena hal tersebut akan mempersulit perjalanan liburan anda.

Bukan itu saja, tempat penginapan pun harus dicek lebih dulu apakah sudah menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Hal ini sangatlah penting, apalagi jika liburan bersama keluarga yang berisiko tinggi terinfeksi Covid-19.

Lihat Juga: Tips Traveling Bersama Bayi Menggunakan Pesawat

Vaksin influenza juga menjadi salah satu yang disarankan sebelum pergi liburan. Memang hal ini tidak bisa melawan virus corona, tapi setidaknya dapat melindungi diri dari virus influenza.

Yang tak kalah pentingnya yaitu membuat rencana perjalanan yang disesuaikan dengan kondisi saat ini. Pastikan destinasi yang dituju aman dan tidak menimbulkan kerumunan orang. Tisu basah, masker, hand sanitizer dan perlengkapan antiseptik lainnya jangan sampai ketinggalan ya!

Tips Traveling Saat Pandemi Di Transportasi Umum

Saat tiba hari keberangkatan, dan berada di pesawat, kereta api, maupun moda transportasi lainnya, pastikan tempat duduk anda telah disanitasi. Kalau bisa, tetaplah duduk bersama anggota keluarga lainnya dan tetaplah memakai masker.

Tisu pembersih juga bisa dibawa untuk memastikan kebersihan area permukaan kursi, sabuk pengaman, maupun sandaran kursi. Jika tujuan anda membutuhkan perjalanan singkat, usahakan untuk tidak makan dan minum di perjalanan. Karena melepas masker berisiko tinggi terpapar virus Corona.

Setelah Tiba Di tempat Tujuan

Walaupun sudah sampai di tempat tujuan, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Misalnya saat keluar tempat penginapan selalu menggunakan masker, mencuci pakaian setelah berkunjung ke destinasi wisata.

Bahkan, anda bisa menyemprot kamar tempat menginap dengan antiseptik jika tidak yakin dengan sanitasi dari pihak pengelola. Segera mandi dan berganti pakaian serta membereskan barang bawaan juga sangat dianjurkan.

Lihat Juga: Tips Menghindari Kejahatan Saat ‘Traveling’

Pandemi memang mengajarkan sebuah gaya hidup baru, salah satunya tentang makan. Untuk menghindari atau meminimalisir paparan Covid-19, dianjurkan untuk makan di dalam kamar tempat anda menginap saja. Itulah beberapa tips traveling saat pandemi yang bisa anda terapkan. Memang sedikit merepotkan, tapi hal-hal tersebut sangat berguna untuk melindungi diri dari resiko terinfeksi Covid-19.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top