Travel

‘Traveling’ Sambil Cari Duit, Kenapa Tidak?

Traveling’ Sambil Cari Duit

Jalan-jalan atau liburan sudah menjadi suatu kebutuhan dalam hidup manusia. Katanya, hidup terasa hampa tanpa jalan-jalan. Kebanyakan manusia modern bekerja keras untuk menghasilkan uang agar bisa digunakan untuk jalan-jalan. Rasanya terdengar rugi, kita sudah lelah kerja banting tulang, tetapi habis begitu saja untuk jalan-jalan.

Tidak salah memang, ada yang berpendapat itulah harga yang harus dibayar untuk kepuasan batin. Namun ada orang yang pernah bermimpi bisa seperti para pembawa acara jalan-jalan, dimana mereka bekerja dengan berjalan-jalan dan dibayar pula.

Bagi kamu yang pernah bermimpi seperti itu, yang suka jalan-jalan tetapi juga ingin menghasilkan uang, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:

1.     Bisa Menulis

Di bangku sekolah kita sudah pernah diajarkan untuk menulis laporan perjalanan, bukan? Nah, gunakan kemampuan menulismu! Tuliskan perjalananmu dan kirimkan ke media cetak ataupun media online bagian pariwisata atau travel. Selain itu, kamu juga bisa membuat sebuah blog tentang perjalananmu. Jangan lupa untuk promosikan tulisan itu ke teman-temanmu agar semakin terkenal sehingga tulisanmu bisa dimuat dimana-mana.

2.     Fotografi

Hampir setiap HP atau tablet sudah dilengkapi dengan fasilitas kamera yang mumpuni, serta harga kamera pun sudah terjangkau. Gunakan gadgetmu! Abadikan momen perjalananmu dan kirimkan karyamu untuk mengikuti lomba. Saat ini, ada banyak lomba atau kontes fotografi baik skala kecil hingga skala besar. Selain itu, kamu juga bisa membuka jasa foto di tempat wisata.

3.     Pemandu Wisata

Apakah kamu menguasai dan lancar berbahasa asing? Dan apakah kamu orang yang ramah, mudah bergaul, dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik? Gunakan kemampuanmu itu dengan menjadi pemandu wisata. Dengan memiliki kemampuan seperti itu, dijamin para wisatawan mancanegara akan senang denganmu.

4.    Berwirausaha

Apakah kamu tertarik atau memiliki kemampuan berwirausaha? Cobalah untuk berjualan cinderamata. Pahami dan pertimbangkanlah kira-kira barang apa yang paling diminati wisatawan agar kamu juga tidak rugi menjualnya. Selain itu, kamu juga bisa berjualan minuman dan makanan ringan. Jangan mematok harga yang terlalu tinggi agar daganganmu cepat laku.

5.     Jasa Kepang Rambut

Kemampuan seorang perempuan dalam mengepang rambut bisa menghasilkan uang juga lho! Biasanya di pantai, seperti di Pantai Senggigi di Lombok, ada ibu-ibu atau anak muda yang menawarkan jasa mengepang rambut ke wisatawan, terutama wisatawan asing. Mungkin kamu bisa iseng-iseng mencobanya. Sedangkan bagi kalian para lelaki, jika mempunyai kemampuan mentato juga bisa dicoba.

6.     Kemampuan Menyetir

Apakah kamu bisa menyetir mobil? Apakah kamu menguasai medan dan mengetahui tempat-tempat wisata di daerahmu? Kamu bisa menggunakan kemampuan itu dengan bergabung di perusahaan travel. Apalagi jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing. Para wisatawan pasti akan puas dengan kinerjamu.

7.     Bisa Multi Bahasa

Jika kamu berjalan-jalan di luar negeri dan kebetulan sedang kehabisan uang, kamu bisa gunakan kemampuan berbahasa Indonesia dengan menjadi guru kursus bahasa Indonesia, terutama di negara Australia. Tetapi selain kemampuan berbahasa Indonesia, kamu juga harus mahir berbahasa Inggris guna memudahkanmu berkomunikasi dengan mereka. Selain itu, jika kamu memiliki suara yang bagus ataupun memiliki alat musik seperti gitar dan biola, kamu bisa menjadi pengamen.

Apakah kamu mempunyai ide atau cara kreatif lain agar bisa jalan-jalan sambil menghasilkan uang? Silahkan dicoba salah satunya atau semuanya selama itu halal, ya. Selamat liburan dan menghasilkan uang!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top