Travel

Travelling Dengan Aman Di Musim Hujan, Intip Tips-Tips Berikut Ini

Travelling Dengan Aman Di Musim Hujan

This post is also available in: English

Saat ini, Indonesia sedang dilanda musim hujan hingga menyebabkan banjir dimana-mana, bahkan bisa dibilang banjir yang sedang melanda beberapa daerah di Indonesia pun terbilang cukup parah. Meskipun demikian, hujan bukanlah suatu kendala untuk kalian yang ingin travelling. Kalian masih bisa melakukan itu di musim hujan, meskipun agak berbeda dengan musim kemarau.

Saat travelling pada musim hujan, kalian perlu persiapan ekstra yang harus diperhatikan agar aktivitas travelling kalian berjalan lancar dan aman. Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian terapkan saat pergi travelling di musim hujan. Penasaran? Yuk simak baik-baik ya

Pantau kondisi cuaca di tempat yang menjadi tujuan travelling

Pantau kondisi cuaca di tempat yang menjadi tujuan travelling

Sebelum pergi travelling, kalian wajib mengetahui kondisi cuaca di tempat wisata yang dituju. Kalian bisa memanfaatkan gadget untuk mengetahui informasi cuaca dengan mengunjungi situs BMKG. Perhatikan informasi cuaca secara detail mulai dari perkiraan cuaca setiap jamnya, hingga persentase potensi turun hujan. Jangan lupa untuk memantau potensi omabk jika kalian berniat liburan ke pantai atau status gunung jika ingin mendaki.

Utamakan memilih tujuan travelling di dalam ruangan

Di musim hujan ini, tujuan untuk travelling yang paling aman adalah wisata dalam ruangan. Hal ini dilakukan agar kegiatan kalian tidak terganggu. Beberapa tempat wisata dalam ruangan yang bisa dikunjungi saat musim hujan seperti pameran seni, museum, mall hingga arena bermain yang ada di dalam ruangan. Meski begitu, bukan berarti kalian tidak bisa travelling di luar ruangan. Kalian tetap bisa namun harus berhati-hati.

Siapkan perlengkapan wajib untuk melindungi diri dari hujan

pelindung diri dari cuaca

Saat memutuskan travelling di musim hujan, kalian wajib membawa alat pelindung hujan seperti payung, jas hujan, sepatu boot plastik, sandal jepit, plastik, dan tempat ponsel anti air. Selain itu, kalian juga wajib menyiapkan jaket dan pakaian ganti untuk berjaga-jaga.

Konsumsi vitamin untuk jaga daya tahan tubuh

Saat musim hujan, biasanya daya tahan tubuh mudah turun karena perubahan suhu yang ekstrim. Oleh karena itulah, menjaga kesehatan tubuh itu penting, terutama saat akan travelling di musim hujan. Usahakan untuk makan tepat waktu, olahraga rutin, konsumsi makanan yang bergizi dan jangan lupa untuk konsumsi vitamin C untuk menambah imun agar daya tahan tubuh tetap baik.

Baca Juga : Hal Penyebab Turunnya Kekebalan Tubuh

 Bawa obat-obatan

Travelling di musim hujan perlu persiapan yang ekstra, salah satunya membawa kotak P3K beserta obat-obatan ringan seperti obat flu, obat sakit kepala, minyak gosok, jamu masuk angin, minyak kayu putih dan lainnya. Dua hal tersebut bisa menjadi pertolongan pertama jika di tengah travelling terjadi sesuatu yang tidak terduga. Selain itu, kalian juga harus mempertimbangkan asuransi perjalanan untuk menghindari risiko dan biaya yang tidak terduga.

Pilih tempat makan yang menyediakan menu makanan hangat

Saat travelling di musim hujan dan di tengah perjalanan kalian merasa lapar, sebaiknya pilih tempat makan yang menyajikan menu makanan dan minuman hangat seperti wedang ronde, wedang jahe angsle, soto, bakso, dan menu makanan hangat lainnya yang cocok untuk dikonsumsi di musim hujan.

Bawa uang lebih berbentuk cash

Bawa uang lebih berbentuk cash

Umumnya, setiap travelling pastinya ada sesuatu hal di luar rencana kita. Untuk itu, saat travelling, jangan pernah untuk membawa uang pas. Kalian harus membawa uang lebih untuk berjaga-jaga jika nantinya terjadi sesuatu di luar rencana.

Misalnya, tempat wisata yang dituju dapat ditempuh hanya dengan motor, tetapi kita membawa mobil. Jadi, mau tidak mau kita harus menyewa motor untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Selain itu, usahakan juga bawa uang dalam bentuk cash agar kalian tidak harus pergi ke ATM untuk mengambil uang.

Nah itulah tips-tips yang bisa kalian terapkan jika ingin travelling di musim hujan. Meskipun hujan, kalian tetap bisa travelling ke tempat wisata yang dituju, tetapi memang harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan kondisi di musim hujan sangat berbeda dengan kondisi di musim kemarau. Jangan sampai liburan yang kalian lakukan berimbas pada kesehatan. Sehat itu mahal harganya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top