Travel

Tur Virtual Hong Kong Super Fans Beberkan 3 Kuil Yang Ramai Dikunjungi Saat Imlek

Temple Virtual Hong Kong Super Fans

This post is also available in: English

Masyarakat Konghuchu di seluruh dunia terutama di Hong Kong masih menikmati euforia dari Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal (12/2/2021). Saat liburan Imlek tiba, Hong Kong sering menjadi destinasi tujuan wisata bagi wisatawan. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Hong Kong akan mengunjungi tempat-tempat yang populer termasuk Kuil.

Mengingat dunia sedang di landa pandemi Covid-19, Hong Kong sementara tidak bisa menerima banyak wisatawan. Padahal, Hong Kong ramai dikunjungi wisatawan saat Imlek tiba.

Melalui program global Hong Kong Tourism Board (HKTB) pertama yang bertajuk Hong Kong Super Fans. Para turis mancanegara diajak mengikuti tur virtual perayaan Imlek yang ada di Hong Kong. Dalam tur virtual tersebut juga disebutkan mengenai 3 kuil di Hong Kong yang sering ramai saat Imlek tiba. Lalu, kuil-kuil mana saja yang selalu ramai dikunjungi saat Imlek? Simak baik-baik ya.

Man Mo Temple

Man Mo temple
Foto interior Man Mo Temple

Kuil Hong Kong pertama yang dikunjungi pada tur virtual adalah Man Mo Temple. Kuil yang telah dibangun antara tahun 1847 hingga 1862. Dibangun sebagai persembahan bagi Dewa Literatur yang ahli dalam tulisan dan hasil ujian yaitu Dewa Man. Oleh karena itu, Man Mo Temple ini sering kali dikunjungi oleh masyarakat yang ingin diberkahi oleh Dewa tersebut.

Sejak 400 tahun yang lalu, orang-orang yang akan mengikuti ujian kekaisaran pasti datang ke kuil ini untuk berdo’a agar mendapatkan nilai yang bagus dan lulus dalam ujian tersebut.

Kepercayaan tersebut masih dilakukan hingga saat ini. Para orang tua yang anak-anaknya akan melaksanakan ujian dibawa ke kuil ini untuk berdoa agar anak mereka diberkahi nilai ujian atau nilai sekolah yang bagus.

Seorang pemandu tur virtual bernama Annie menjelaskan bahwa ritual ini selalu terjadi di setiap perayaan Tahun Baru Imlek maupun beberapa hari menjelang tahun ajaran baru di bulan September.

Saat berdo’a, para orang tua dan anak-anaknya membawa buku, alat tulis hingga tas sekolah agar mendapat keberkahan. Tidak jarang dari mereka yang membawa daun bawang dan seledri sebagai persembahan untuk Dewa Man.

Di bagian depan kuil terdapat patung Pena Emas. Menurut kepercayaan orang-orang tua di Hong Kong, apabila ada seorang pelajar yang menyentuh patung tersebut, maka pelajar itu akan semakin pintar dan giat dalam belajar.

Sementara itu, jika disentuh oleh seorang penulis atau pekerja  yang bergelut dibidang tulis-menulis, maka kemampuan menulisnya akan semakin terampil dan meningkat.

“Siapapun yang pekerjaannya berkaitan dengan tulis menulis termasuk jurnalis, akan mendapat keberkahan dari menyentuh Pena Emas itu” ujar Annie.

Wong Tai Sin

kuil Wong Tai Sin
Foto Wong Tai Sin Temple

Wong Tai Sin Temple merupakan rumah bagi tiga agama seperti Taoisme, Buddha, dan Konfusianisme. Kuil ini termasuk kuil Taoisme yang paling terkenal di Hong Kong yang dibangun untuk menghormati biksu terkenal yaitu Wong Tai Sin.

Sebelum masa pandemi Covid-19, kuil ini sering didatangi oleh banyak kru televisi untuk mengabadikan momen persembahan dupa pertama di Tahun Baru Imlek.

Sementara itu, ribuan orang akan antre di luar kuil untuk mendapatkan kesempatan melakukan dupa persembahan pertama. Masyarakat percaya jika semakin cepat melakukan dupa persembahan, maka permintaan yang dipanjatkan akan semakin cepat dikabulkan.

Kuil Wong Tai Sin ini terkenal akan pengabulan permohonan melalui ramalan stik bambu. Pengunjung akan mengguncang wadah besi berisi stik bambu ramalan yang telah diberi nomor. Setiap nomor yang keluar menjadi jawaban dari pertanyaan yang diajukan pengunjung. Stik bambu tersebut bisa dibawa ke peramal atau ke mesin peramal.

Patung tempat mengikatkan tali merah di Wong Tai Sin Temple
Patung tempat mengikatkan tali merah di Wong Tai Sin Temple


Selain itu, Wong Tai Sin Temple juga digunakan sebagai tempat berdo’a oleh orang-orang yang lajang agar diberikan cita sejati.  Setelah berdo’a, mereka akan melingkarkan jari-jari di sekitar tali merah dan mengikat tali tersebut di salah satu dari patung yang ada di dalam Wong Tai Sin Temple.

Che Kung Temple

kuil Che Kung Temple
Foto patung Jenderal Che Kung di Che Kung Temple

Kuil ketiga yang dikunjungi yaitu Che Kung Temple. Kuil yang dibangun sebagai persembahan untuk Che Kung, seorang komandan militer dari Dinasti Song Selatan yang ahli dalam memadamka pemberotakan di abad ke 13. 

Menurut cerita yang beredar, Che Kung Temple ini dibangun untuk menghentikan wabah-wabah penyakit yang menular. Di hari pembangunan kuil, wabah penyakit tersebut langsung lenyap.

Di kuil ini ada sebuah patung besar Jenderal Che Kung dan kincir angin emas yang dikenal sebagai roda keberuntungan sebagai penentu garis keberuntungan di tahun baru. Jika tahun kemarin pengunjung banyak memiliki nasib baik, maka kincir angin tersebut diputar searah jarum jam agar nasib baik akan tetap berlanjut.

souvenir berupa kincir angin kecil
Souvenir berupa kincir angin kecil

Sebaliknya, jika tahun kemarin pengunjung banyak menjalani tantangan dalam kehidupan dan ingin membalik keberuntungan di tahun ini, maka kincir tersebut diputar berlawanan dengan arah jarum jam.

Setelah memutar kincir angin, pengunjung bisa langsung menuju sebuah drum dan memukulnya sebanyak tiga kali. Hal itu dilakukan untuk memberitahu Jenderal Che Kung bahwa kita telah selesai berdo’a di kuil. Agar nasib baik terbawa hingga ke rumah, pengunjung bisa membeli kincir angin kecil di beberapa toko yang ada di luat kuil.

Nah, apakah ada salah satu dari kalian yang pernah mengunjungi ketiga kuil populer tersebut saat liburan Imlek ke Hong Kong ? Jika ada, kalian benar-benar beruntung bisa melihat ketiga kuil yang terkenal ramai saat perayaan Tahun Baru Imlek di Hong Kong.

Bagi yang belum pernah, semoga kalian bisa cepat ke sana. Pastinya setelah masa pandemi Covid-19 berakhir agar kalian bisa leluasa dalam mengunjungi negara Hong Kong termasuk tiga kuil tersebut. Selamat Tahun Baru Imlek bagi yang merayakan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top