Travel

Wajib Bawa ini Jika Pergi Study Tour

Study Tour atau sering disebut dengan kunjungan pelajar ke suatu tempat yang memiiki nilai edukasi. Kegitan tersebut sangat disukai pelajar baik dari SD (Sekolah Dasar) sampai SMA (Sekolah menengah Atas)/ sederajat. Rombonga pelajar biasanya didampingi guru mengunjungi tempat wisata bernilai edukasi ataupun tempat bersejrah. Biasanya tempat yang dikunjugi adalah museum, taman pendidikan, keraton, dsb.

Mengikuti kegiatan study tour menjadi program kegiatan belajar outdoor biasanya harus diikuti semua pelajar satu angkatan ataupun satu kelas. Tidak hanya berwisata namun kegiatan tersebut juga melatih anak-anak untuk belajar mandiri ketika bepergian tanpa orang tua, belajar beradaptasi degan lingkungan luar serta belajar banyak hal sesuai dengan tempat yang dikunjungi.

Selain uang saku, pakaian ganti dan seragam tentu menjadi barang yang wajib dibawa ketika pergi study tour. Namun, bukan hanya perlengkapan itu saja. Ada beberapa tips mengenai perlengkapan yang harus dibawa. Meskipun sepele, akan tetapi bermanfaat bagi diri sendiri maupun teman nantinya.

  1. Jajanan untuk mencegah lapar ketika perjalanan panjang. Biasanya study tour ke luar kota bisa seharian penuh bahkan lebih. Nah, jajanan penting bagi kalian yang mudah lapar. Karena belum tentu jatah makan akan tepat waktu dibagikan. So, bawa jajanan yang bisa dibagi dengan teman-teman. Biasanya satu dua orang ingin mencicipi. Selain makanan ringan, kamu juga bisa membawa biskuit-biskuit yang rasanya manis agar lebih cepat kenyang dan membuat mood baikku kembali.
  2. Bantal leher supaya tidak pegal jika study tour berjalan lebih dari satu hari. Biasanya bus dengan fasilitas tinggi menyediakan bantal dan selimut. Namun, biasanya bantal-bantal itu sudah mulai menipis dan kita tidak tahu tingkat kebershannya. Kalian bisa membawa bantal leher sendiri untuk menyamankan perjalanan. Apalagi jika study tour ke luar kota dan perjalanannya lebih dari satu hari. Selain bantal bawa juga kaos kaki hangat, jaket bagi yang tidak tahan dengan dinginnya AC.
  3. Obat-obatan yang harus dikonsumsi jika memiliki alergi atau penyakit tertentu. Obat-obatan ringan yang sering dibutuhkan seperti minyak kayu putih, koyok, paracetamol, obat mag dll. Akan tetapi, jika kamu memiliki penyakit lain seperti asma, kamu harus membawanya agar perjalanan study tour berjalan lancar.
  4. Kantong Plastik untuk menaruh pakaian kotor maupun berjaga-jaga jika mabuk atau mual. Meskipun kedengarannya sepele, kantong plastic cukup bermanfaat. Bukan hanya untuk menaruh pakaian yang kotor agar terpisah dengan pakaian yang bersih. Namun, kantong plastic juga bisa digunakan ketika kamu sering mengalami mabuk alias nggak betah naik bus dan mutah.

Itulah beberapa bawaan yang kedengarannya sepele namun wajib kalian bawa. Usahakan menjaga kesehatan dan kenyamanan ketika perjalanan, hingga ketika sudah sampai kegiatan menambah wawasan berjalan lancar.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top