Travel

Warso Farm, Surga Para Pecinta Durian di Indonesia

Warso Farm, Surga Para Pecinta Durian di Indonesia

Kamu sangat suka durian? Pernah terbayang berada di sebuah kebun durian sambil memakannya dengan bebas? Hmm… bukan hanya mimpi. Kini kamu bisa mewujudkannya hanya dengan datang ke Warso Farm. Di manakah itu?

Lokasi Warso Farm

Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa Warso Farm terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya sendiri berada di Desa Cihideung.  Ternyata nama dari perkebunan ini diambil dari nama sang pemilik, yaitu Soewarso Pawaka. Beliau merupakan seorang pensiunan TNI AD.

Tak perlu bingung jika akan menuju ke Warso Farm. Tidak hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, kalau kamu mau ke sini juga bisa menggunakan kendaraan umum. Patokannya pun tak sulit karena kamu akan dengan mudah menemukan pintu masuknya yang ditandai dengan tugu durian dan buah naga yang besar.

Dibuat di lahan seluas 8,5 hektare, kini sudah terdapat 900 pohon durian. Dari semua pohon tersebut, terdapat 19 jenis durian dengan 7 varietas unggul. Bibit unggul yang ada di dalamnya terdiri dari jenis lokal maupun luar, seperti monthong, petruk, tembaga, lay, dan sunan.

Fasilitas yang Tersedia

Bukan hanya bisa melihat semua buah yang ditanam di kebun ini, kamu juga bisa membeli buah durian untuk dinikmati secara langsung. Ada pula berbagai olahan dari buah durian, seperti jus durian atau es durian. Oh ya, untuk durian monthong, harganya dihitung per kilo, sedangkan durian lokal harganya dihitung per buah.

Berapa sih harga dari masing-masing buah durian. Mahal tidak, ya? Ternyata harga dari buah durian yang bisa kamu beli harganya sekitar Rp35.000 per kilonya. Nah, ada pula buah naga yang bisa kamu beli per kilogram seharga Rp30.000.

Di tempat ini, kamu juga bisa memancing, bermain paint ball, dan ada juga balai pertemuan berkapasitas 90 orang yang bisa digunakan sebagai tempat apapun. Ternyata tidak hanya perkebunan durian, Warso Farm juga ditanami oleh berbagai jenis buahan lainnya dan dilengkapi juga dengan area persawahan.

Jam Buka

Kamu tertarik untuk mengunjungi lokasi ini? Tentunya kamu harus mengetahui jam buka dari Warso Farm. Kalau kamu tidak tahu, bagaimana kamu bisa masuk? Ternyata kamu bisa mengunjunginya setiap hari. Apa? Setiap hati? Eits… jangan senang dulu.

Sayangnya kalau ingin tur ke dalam kebun, kamu hanya bisa mengunjunginya pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional pada pukul 07.00-17.00 WIB. Hmmm… cukup terbatas ya waktunya? Meskipun demikian, di waktu libur seperti itu tentunya kamu bisa menikmati waktu bersantai bersama orang tersayang.

Jangan berkecil hari terlebih dahulu ketika mengetahui jadwal tour di Warso Farm. Kenapa? Ternyata sang pemilik tidak memungut iuran berupa tiket masuk ke dalam area perkebunan. Dengan kata lain, kamu bisa masuk ke area perkebunan tanpa membayar uang sepeserpun alias gratis.

Tips Berkunjung

Nah, kamu juga harus mengetahui tips untuk dating ke Warso Farm. Hal yang satu ini terdengar sepele, namun akan sangat berguna untukmu. Untuk apa tipsnya? Dengan mengetahui tips ini, kamu tidak akan merasa rugi jika mendatangi tempat ini. Ini dia tipsnya:

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui kapan musim panen dari buah durian. Perlu kamu ketahui bahwa musim panennya jatuh pada bulan Desember – Mei. Jikakamu ragu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada pihak pengelola. Dengan dating di bulan ini, maka kamu akan bisa melihat dan merasakan buah durian yang berlimpah.

Selanjutnya, kamu juga harus bisa melindungi diri dari sengatan matahari di siang hari. Walaupun di kebun, jangan pernah membayangkan bahwa udaranya akan sejuk karena dikelilingi oleh rindangnya pohon durian. Tentu akan lebih baik jika kamu mengantisipasinya dengan menggunakan pelindung kepala, seperti payung, topi, atau selendang.

Bagaimana? Kamu tertarik mengunjungi Warso Farm? Yuk, ajak orang terdekatmu. Jangan lupa juga sebarkan artikel ini, ya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top