Travel

Wisata Alam-Staycation, Berikut Tren Wisata Pasca Pandemi

Wisata Alam-Staycation, Berikut Tren Wisata Pasca Pandemi

Pandemi telah mengubah gaya hidup masyarakat, termasuk tren wisata pasca pandemi. Di tengah merebaknya virus seperti saat ini, masyarakat umumnya lebih memilih cara berlibur yang aman dan lebih peduli terhadap perotokol kesehatan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, memprediksi ekowisata (ecotourism) dan wisata kesehatan (wellness tourism) akan jadi tipe wisata yang dicari masyarakat. Apalagi, tipe wisata ini juga bisa membangkitkan sector pariwisata serta ekonomi kretif di Indonesia.

Selain kedua jenis wisata tersebut, beragam tren berwisata lainnya juga banyak bermunculan. Seperti tren liburan berikut ini yang akan terus berlanjut setelah pandemic.

Staycation

istilah staycation makin akrab di telinga semenjak pandemi menyebar di Indonesia. Staycation sendiri adalah tren liburan hemat dan praktis karena tidak perlu ke luar kota maupun luar negeri. Liburan dengan cara ini diartikan dengan menikmati liburan dengan bermalam di hotel, villa maupun resort.

Lihat Juga: Siap Sambut Wisatawan, Ini Destinasi Hidden Gems Di Bali Yang Wajib Masuk Bucket List

Pilihan liburan satu ini cocok untuk yang masih takut pergi liburan jauh, tapi ingin sedikit refreshing. Supaya staycation tetap aman, pastikan untuk memilih penginapan yang telah mendapat CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability) oleh Kementerian Pariwisata dan

Wisata Dalam Negeri

Masih merebaknya virus Corona dan ketatnya peraturan perjalanan ke luar negeri membuat banyak masyarakat memilih untuk berwisata di dalam negeri. Wisata di Pulau Jawa dan Bali menjadi salah satu favorit.

Selain dekat, banyak wisata demostik yang telah mendapat sertifikasi CHSE. Beberapa destinasi wisata domestik yang dapat dikunjungi yaitu, Desa Wisata Cibuntu di Jawa Barat, Desa Wisata Mas di Bali hingga Desa Wisata Rammang-Rammang yang terletak di Sulawesi Selatan. Selain bisa menjelajahi keindahan alam negeri sendiri, di sini wisatawan juga mendapat pengalaman membuat kerajinan khad daerah yang dituju hingga kuliner dan budaya masyarakat setempat.

Wisata Alam

Tren wisata pasca pandemi berikutnya adalah wisata alam, karena masyarakat lebih memilih wisata di luar ruangan yang bersikulasi udara baik. Bukan hanya itu, wisata alam juga menawarkan panorama dan suasana yang sejuk dan asri sehingga menjadikan pikiran lebih fresh.

Lihat Juga: Tips Liburan Aman Bersama Anak Yang Belum Vaksinasi

Outdoor Dining

Liburan bukan saja ke taman rekreasi atau destinasi wisata alam, namun juga kuliner. Tidak heran mengapa konsep outdoor dining disebut akan menjadi tren wisata pasca pandemi. Outdoor dining adalah makan bersama di luar ruangan. Konsep makan ini dirasa lebih aman karena sirkulasi udaranya yang terbuka.

Itulah beberapa tren wisata pasca pandemi yang diprediksi bakal terus berlanjut. Ahar lebih aman pastikan untuk selalu menerapkan prokes dan segera ikuti vaksinasi di fasilitas kesehatan terdekat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top