Travel

Wisata Petualang Eisriesenwelt Ice Cave, Austria

Eisriesenwelt Ice Cave, Austria

Bagi pecinta wisata petualangan tentu tak akan ketinggalan petualangan di Ice Cave Eisriesenwelt. Eisriesenwelt adalah gua yang terbuat dari batu kapur alami yang dipenuhi lapisan es. Di Jerman kata “Eisriesenwelt” berarti dunia es raksasa. Kawasan wisata yang menantang ini terletak di Werfen, Austria sekitar 40 KM bagian selatan Salzburg.

Gua es Eisriesenwelt telah dinobatkan sebagai yang terhebat di dunia, karena memiliki panjang melebihi 42 KM. Meski gua ini dikenal sebagai gua es, namun tidak termasuk gua gletser. Gua Eisriesenwelt dibuat oleh aliran sungai Salzach. Aliran sungai ini mengalir melalui pegunungan dan kemudian mengikis berbagai lorong yang terjadi sekitar 100 juta tahun yang lalu.

Selama jutaan tahun celah dan retakan ini di batu kapur terbentuk. Saat musim dingin tiba, suhu udara di dalam gua bisa mencapai di bawah titik beku. Di musim semi, salju akan menembus batuan retak dan rembesan salju yang mengalir ke daerah-daerah yang lebih rendah dengan suhu yang lebih dingin, air akan membeku. Lalu perlahan terjadi formasi es yang menawan di gua Eisriesenwelt ini.

Meski Gua Es Eisriesenwelt memiliki panjang hingga 42 KM, namun pengunjung hanya diperbolehkan di sepanjang gua es yang berjarak sekitar satu kilometer saja. Karena seluruh wilayah dipenuhi dengan lapisan es tebal. Bagian lain dari gua Eisriesenwelt terdiri dari batu kapur. Anda bisa mengunjungi gua es di wilayah ini kapan saja, karena pintu masuk gua buka sepanjang tahun.

Sirkulasi udara di dalam gua cukup unik, sehingga di musim dingin angin dingin akan menuju ke dalam gua. Sehingga air di dalam gua akan dibekukan. Sementara selama musim panas, angin dingin di dalam gua akan mengarah keluar. Formasi es yang begitu indah terhindar dari proses peleburan. Jadi dengan kondisi ini semua wisatawan bisa menikmati keindahan formasi es kapan saja.

Eisriesenwelt Ice Cave, AustriaGua Eisriesenwelt pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan alam bernama Anton Posselt. Pria ini berasal dari Salzburg dan berhasil menemukan gua ini pada tahun 1879. Gua Eisriesenwelt sebelumnya ditemukan oleh Anton Posselt, keberadaan sebenarnya dari gua es yang dikenal oleh penduduk setempat. Penduduk percaya bahwa gua es adalah pintu masuk neraka, sehingga mereka enggan menjelajahinya.

Seorang speleologist dari Salzburg bernama Alexander von Mork memimpin sebuah ekspedisi ke Eisriesenwelt pada tahun 1912. Setelah itu semakin banyak penjelajah lainnya datang ke gua es. Kemudian sebuah kapal penjelajah kabin khusus didirikan pada rute pertama mendaki gunung pada tahun 1920. Seiring dengan kepopuleran gua ini dibangun pondok lain dan sekitar 200 ribu wisatawan mengunjungi Gua Es Eisriesenwelt.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top