Travel

Yang Manis dan Gurih Dari Paris

Selain menaiki Eiffel yang menawan, tak lengkap rasanya bila lidah tak mengecap manis dan gurih kuliner di kota romantis ini. Sebelum menyiapkan travel bag dan berangkat, mengunjungi Paris harus tahu lebih dulu apa yang bisa memanjakan lidahmu di sana. Berikut beragam kudapan utama hingga sekadar pencuci mulut yang akan banyak kamu temukan bila berkunjung ke Paris.

 

Macaron.

Macaron.

Siapa tidak kenal kudapan imut dan ringan yang berwarna-warni ini? Sering disamakan dengan macaroon, padahal keduanya cukup berbeda. Macaron memiliki rasa gurih dari kacang almond yang terdapat pada kulit luar, sementara untuk bahan isi biasanya memiliki beragam rasa seperti vanilla, kopi, coklat, buah-buahan atau green tea. Adonan kulit dipanggang hingga hasilnya memiliki tekstur renyah, tidak terlalu kering, malah langsung lumer di mulut saat memakannya. Variasi warna dan isian selalu bisa mengajakmu melahap lagi dan lagi. Yummy!

 

 

Eclair.

Eclair.

Serupa dengan kue sus dari segi kulit dan tekstur yang renyah, tapi eclair tidak bulat kecil-kecil melainkan memanjang. Semakin nikmat dengan beraneka rasa vla atau hanya topping di atasnya. Berbeda dengan sus yang pada umumnya berukuran kecil dan berbentuk tidak beraturan pada permukaan, eclair memiliki bentuk lebih lebar dan permukaam rata yang memungkinkan bagian topping dihias sedemikian rupa. Eclair yang paling banyak diminati adalah eclair berisi vla yang kemudian dicelup ke dalam coklat.

 

 

Escargot.

Escargot.

Kandungan gizi dalam daging bekicot memang tidak diragukan lagi. Kuliner eksotis ini kaya akan asam amino dan protein. Bahkan, di cangkangnya saja terdapat banyak kandungan kalsium. Oleh sebab itu, berbagai restoran yang menyediakan menu escargot tetap mempertahankan cangkangnya untuk disajikan kepada tamu agar kandungan kalsiumnya tidak berkurang. Di Jepang, escargot biasanya dimasak dengan cara sederhana, hanya menggunakan jahe, cuka dan pemanis. Sedangkan Perancis mempunyai rasa tradisional sendiri untuk escargot, yaitu dimasak dalam kuah bawang putih dan mentega. Peterseli cincang dan cabai bubuk menambah cita rasa lezat.

 

 

Panna Cotta.

Panna Cotta.

Berasal dari Italia yang berbatasan dengan Perancis, membuat dessert satu ini kerap menjadi menu wajib yang ada di setiap restoran di Perancis. Panna cotta dibuat dari campuran krim dan susu yang dimasak. Manis dan memiliki tekstur lembut, membuat panna cotta tidak berhenti digemari. Selain itu, kandungan susu dan buah segar yang menjadi bahan utama menjadikan makanan penutup ini salah satu makanan sehat. Asam dari yogurt, segar dari buah dan manis dari susu, membuat panna cotta digemari seluruh dunia.

 

Crepe Suzette.

Crepes Suzette.

Crepe satu ini populer di dunia pastry. Dessert segar ini memiliki rasa khas pada sausnya yang terbuat dari gula, perasan air jeruk dan irisan kulit jeruk yang di-flambee langsung saat penyajian. Manisnya spesial dan segar!

 

Lait Cru.

Lait Cru.

Tak lengkap rasanya bila datang ke Paris tanpa ‘merakyat’ di pasar segarnya. Beragam buah, susu hingga keju organik bisa kamu temukan di sini, termasuk lait cru yang terkenal kesegarannya. Lait cru adalah susu segar yang diperah langsung dari sapi, bisa langsung diminum dalam kemasan tanpa melalui proses pasteurisasi lagi. Rasanya gurih dan menyegarkan. FYI, kebanyakan produk susu di Paris seperti keju dan yogurt menggunakan lait cru sebagai bahan utamanya.

 

 

Ravioli.

Ravioli

Pasta yang menyerupai pastel ini banyak dijual di restoran-restoran di Paris dengan beragam keunikan. Dijadikan sebagai menu utama, ravioli yang umumnya berisi daging sapi, ayam, jamur, keju hingga olahan seafood disajikan bersama beragam saus yang menggunggah selera.

 

 

Mont Blanc.

Mont Blanc

Seperti namanya yang sama dengan puncak tertinggi di pegunungan Alpen, Mont Blanc pun mempunyai ciri topping khas yang memuncung, menyerupai gunung salju. Krim untuk topping tersebut dibuat dari chestnut, pada penyajian biasanya ditaburi bubuk matcha, kakao atau buah-buahan.

 

Galeaux St. Honore.

Garteaux St. Honore

Cake legendaris ini dibuat dari puff pastry dengan sus kering melingkari tiap bagian tepinya, memiliki karamel sebagai topping. Segar dengan potongan buah yang ditabur di atas krim. Manis dan renyah.

 

Pamplemousse Cheese Cake.

Pamplemousse Cheese Cake

Pamplemousse dalam bahasa Perancis berarti jeruk. Buah segar dan asam ini dibuat jus atau selai, dipadukan bersama cheese cake yang gurih dan bertekstur lembut. Paris menjadi semakin manis, ya?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top