Wisata

5 Fakta Menarik Negara Curacao yang Punya Populasi Iguana Lebih Tinggi daripada Penduduk

Fakta Menarik Negara Curacao

Jelang laga FIFA Match Day, negara Curacao menjadi sorotan publik Indonesia. Sebab, negara kepualauan yang berada di Laut Karibia ini bakal menghadapi Timnas Indonesia pada 24 dan 27 September 2022. Kedua pertandingan akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Pakansari.

Negara Curacao kini menduduki posisi ke-84 FIFA, namun namanya masih cukup asing bagi orang Indonesia. Padahal, negara yang termasuk dalam Kerajaan Belanda ini memiliki beberapa hal menarik dan unik. Merangkum berbagai sumber, berikut lima fakta tentang negaranya:

1. Sejarah Nama Curacao

Nama negara ini diyakini berasal dari kata Portugis, coração, yang memiliki arti hati. Ini merujuk pada fakta bahwa negara ini dahulu ada pusat perdagangan dan tempat para pelaut beristirahat. Secara ajaib, mabuk laut yang mereka alami bisa sembuh karena singgah di pulau ini.

2. Negara Curacao Bagian dari Kerajaan Belanda

Negara Curacau tak lepas dari pengaruh invasi Eropa yang datang pada tahun 1499, yaitu Spanyol dan Belanda. Pada tahun 1515, penduduk asli di wilayah ini dijadikan sebagai budak oleh Spanyol, lalu, Belanda mengalahkan Spanyol dan menguasai pulau tersebut pada 1634. Karena kontrol itu, pada 2010, Curacao secara resmi menjadi sebuah negara yang termasuk dalam Kerajaan Belanda.

Lihat Juga: Profil Timnas Curacao yang Akan Jadi Lawan Indonesia di FIFA Matchday

3. Tempat Akulturasi Budaya

Curacau merupakan tempat akulturasi budaya dari berbagai negara. Budaya lokal mereka sangat lekat dengan kehadiran bangsa asing, bahkan bendera negaranya pun menggambarkan hal ini. Pengaruh budaya tersebut dapat dilihat dari bahasa, tradisi, agama, nilai, masakan dan hampir dalam seluruh aspek. Contohnya, penduduk di negara Curacao menggunakan empat bahasa, yaitu Belanda sebagai bahasa resmi, Papiamentu, Spanyol dan Inggris.

4. Ibu Kotanya Paling Berwarna di Karibia

Awalnya, sebagian besar rumah dan bangunan di negara ini berwarna putih. Namun, sejak dikuasai Belanda pada abad 17, bangunan warna-warni jadi banyak digemari. Tidka heran, Willemstad yang merupakan ibu kota negara, kini dipenuhi oleh berbagai warna.

Lihat Juga: Belanda : Desa Volendam, Kincir Angin dan Seribu Kanal yang Memukau

5. Populasi Iguana Melebihi Penduduk

Tidak ada satu orang pun yang berkunjung ke Negara Curacao tanpa melihat iguana. Hewan satu ini bisa ditemukan dimana-mana dan cenderung ada lebih banyak iguana ketimbang manusia di Curacao. Di negara ini, iguana merupakan satwa dilindungi, tetapi, mereka berkembang biak begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top