Wisata

5 Fakta Tentang Bendungan Engehalde, Tempat Ditemukannya Jenazah Anak Ridwan Kamil

Bendungan Engehalde

Jenazah putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss, pada Rabu (8/6/2022) pagi waktu setempat.

“Bahwa kemarin kepolisian Bern telah bertemu kami KBRI bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal tentang ditemukannya jenazah yang diduga ananda Eril, pukul 06.50 pagi waktu Swiss 11.50 WIB,” kata Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad, dalam konferensi pers, Kamis, (9/6/2022).

Menurutnyam kepolisian mengidentifikasi jenazah itu dengan pencocokan DNA. Hasilnya, jenazah tersebut dikonfirmasi sebagai Eril. Hal tersebut disampaikan kepolisian Swiss secara resmi.

Seperti Sungai Aare yang menjadi tempat Eril berenang dan kemudian hilang karena terseret arus, nama Bendungan Engehalde juga jadi pembahasan warganet. Melansir dari berbagai sumber, berikut lima fakta tentang bendungan tempat jenazah Eril ditemukan.

1. Lokasi Bendungan

Bendungan ini terletak di Jalan Stauwehrsteg, Wehrweg, 3014 Bern, Swiss. Berdasarkan laman rowing.ch, disebutkan bahwa bendungan tersebut dibangung saat Perang Dunia. Pertama kali berdiri pada 1 November 1909, artinya usia Bendungan Engehalde sudah mencapai 113 tahun.

Bendungan tersebut mempunyai beberapa pintu air. Saat malam, bendungan ini biasa dilewati oleh penjaga maupun warga.

2. Tempat Penyaringan sampah

Bendungan ini mempunyai beberapa fungsi, salah satunya yaitu menyaring sampah yang terbawa dari Sungai Aare. Sampah plastik hingga sampah organik seperti kayu besar, disaring dengan penyaring di sisi bendungan.

Sampah-sampah tersebut lalu diambil menggunakan mesin dan dikeluarkan agar tidak mengotori bendungan atau sungai. Tidak semua orang bisa masuk, hanya petugas yang dizinkan ke Bendungan Engehalde.

Lihat Juga: Kronologi Anak Ridwan Kamil Hilang Terseret Arus Sungai di Swiss

3. Suhu Air di Bendungan Engehalde Sangat Dingin

Air disini sangat jernih, tapi pada bulan-bulan peralihan dari musim dingin ke panas, airnya sangat dingin. Suhu air di bendungan ini juga dipengaruhi oleh cuaca di sekitar kawasannya.

4. Bendungan Lain di Kota Bern

Selain Engehalde, di Kota Bern juga ada bendungan lain. Yakni Bendungan Mattenschwelle yang jaraknya kurang dari satu kilometer dari lokasi Eril menghilang. Bendungan tersebut digunakan untuk kebutuhan pembangkit listrik.

5. Pembangkit Listrik

Engehalde juga berfungsi sebagai pembangkit listrik Felsenau (Krafwek Felsenau) lokasinya di Felsenaustrasse 47, 3004 Bern, Swiss. Posisinya antara Bendungan Engehalde dan pembangkit listrik Felsenau dibuat berdasarkan kontur Sungai Aare.

Pembangunan bendungan ini juga bertujuan untuk menahan aliran Sungai Aare. Kemudian airnya dialirkan ke turbin listrik yang berada di Felsenau lewat Semenanjung Enge.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 × five =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top