Wisata

Bukan Hanya Pulau Komodo, Ini 5 Tempat Wisata di NTT yang Tak Kalah Keren

Tempat Wista di NTT Selain Pulau Komodo

Taman Nasional Komodo kini sedang jadi sorotan karena penetapan tarif masuk baru. Mulai 1 Agustus 2022, tarif masuk ke Taman Nasional Komodo naik jadi RP3,75 juta. Tarif baru tersebut berlaku untuk kawasan Pulau Padar dan Pulau Komodo.

Penetapan tarif itu berdasarkan kebutuhan konservasi Taman Nasional Komodo. Selain itu, jumlah pengunjung juga bakal dibatasi untuk menjaga kelestarian alam dan jumlah Komodo.

“Berdasarkan studi, kawasan taman nasional ini, memiliki carrying capacity yang terbatas. Oleh karena itu diputuskan akan ada pembatasan kunjungan hanya 200 ribu kunjungan per tahun. Selain konservasi ada juga aspek pendidikan dan penelitian agar jumlah komodo yang saat ini tercatat sebanyak 3.300 tidak menurun tapi dipertahankan,” jelas Sandiaga Uno saat mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Labuan Bajo pada Kamis (21/7/2022).

Berbagai reaksi pun muncul akibat penetapan tarif Pulau Komodo yang baru ini. Banyak yang menilai bahwa biaya tersebut terlalu mahal. Bahkan, pada Senin (18/7/2022) sempat terjadi demo dari warga lokal di depan Kantor Bupati Manggarai Barat.

Lihat Juga: Pulau Komodo Menuju Wisata Mahal, Berkelas Dunia, Ini Harga Tiket Masuk

Tidak bisa dipungkiri Pulau Komodo dan Pulau Padar memang masih menjadi salah satu wisata andalan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kenaikan tarif itu pun pasti mempengaruhi jumlah wisatawan yang ujungnya juga berpengaruh terhadap perekonomian warga sekitar.

Meski begitu, sebenarnya ada banyak potensi wisata lain di NTT. Tidak hanya wisata pulau, provinsi juga memiliki wisata gunung, danau dan desa yang tidak kalah indahnya.

5 Tempat Wisata di NTT Selain Pulau Komodo

1. Pulau Rinca

Jika ingin melihat komodo, Pulau Rinca bisa menjadi salah satu tujuannya. Pulau ini juga menjadi salah satu habitat hewan purba itu.

Bedanya, tiket masuk ke pulau ini tidak mengalami kenaikan seperti Pulau Komodo dan Padar. Jadi, pulau ini bisa jadi pilihan yang tepat jika ingin melihat komodo dengan biaya terjangkau.

2. Danau Kelimutu

Kalau senang mendaki, Gunung Kelimutu bisa menjadi alternatif. Gunung satu ini berada di Kabupaten Ende, NTT, dan memiliki ketinggian sekitar 1.639 mdpl.

Salah satu daya tarik utamanya yaitu keberadaan danau tiga warna atau Danau Kelimutu. Danau ini mempunyai warna biru, merah dan putih. Tergantung suhu, gas dan mikroba di dalam danau. Tidak jauh dari tempat ini, terdapat destinasi lain seperti Bukit Teletubies, Air Terjun Murundao, Kolam Air Panas Ae Oka Detusoko dan Desa Adat Wologai.

3. Gua Rangko

Selain Pulau Komodo, NTT juga punya destinasi keren lainnya, salah satunya Gua Rangko. Gua ini beralamat di Desa Rangko, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Uniknya, gua ini memiliki kolam air asin dan airnya tampak berwarna biru saat terkena sinar matahari. Selain menikmati pemandangannya dari atas kapal, wisatawan juga bisa berenang disini. Namun pastikan untuk berhati-hati karena bebatuan di Gua Rangko yang tajam dan licin.

Lihat Juga: Dapat Peringatan Dari UNESCO, Ini Destinasi Di Pulau Komodo Paling Recommended!

4. Desa Wisata Wae Rebo

Bagi yang senang trekking sekaligus wisata budaya, di NTT ada desa adat Wae Rebo. Lokasinya di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, NTT.

Desa ini berada di dataran tinggi, sehingga jika ingin berkunjung harus trekking sejauh 5 km lebih dulu. Perjalanannya mungkin terasa melelahkan, tapi jangan khawatir! Semua akan terbayar lunas oleh pesona desa wisata yang cantik ini.

Di sini, wisatawan bisa mengagumi keindahan alam sekaligus budaya lokal. Bukan itu saja, saat malam hari ada bintang-bintang hingga milky way yang bisa dilihat dengan jelas di langit.

5. Pantai Oetune

Tarif ke Pulau Komodo memang naik, tapi di NTT ada destinasi wisata lain yang patut dikunjungi. Salah satunya Pantai Oetune. Di sini, wisatawan bakal disajikan pemandangan gurun pasir layaknya di Timur Tengah yang menawan. Pantai ini memang memiliki pesonanya sendiri.

Beda dengan pantai pada umumnya, pasir putih di pantai ini langsung berbatasan dengan laut. Selain itu, tidak jauh dari pantainya juga terdapat pasir berwarna kecoklatan. Menjadikannya tampak seperti padang pasir. Di pinggir pantai ditumbuhi pohon-pohon kasuari dan lintar yang membuat panoramanya semakin indah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top