Candi Abang, Sejarah-Rute-Kuliner dan Harga Tiket

Date:

Bayaknya candi yang ada di Indonesia ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki banyak sekali ragam kebudayaan dan kearifan lokal yang terbentuk dari masyarakat dari berabad abad yang lalu , dan Di kota Yogyakarta , tersimpan berbagai macam candi tua yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi , dan memiliki keunikan teresendiri di antaranya candi ratu boko , candi prambanan , dan yang paling besar adalah candi borobudur.

Salah satu candi unik yang sama sekali jauh berbeda dengan candi-candi lainnya yang ada di kota jogja yaitu Candi Abang. candi ini berada di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta.

Keunikan yang ada dari Candi Abang adalah candi ini dibangun dengan menggunakan bahan dari batu bata merah. candi ini menjadi salah satu destinasi yang menarik dan sangat patut dikunjungi saat anda  berlibur di jogja dikarena candi tersebut agak tidak lazim seperti umumnya candi yang ada di Indonesia , banyak dari kita yang belum tau jika ada candi yang dibangun dengan menggunakan bahan batu bata merah di daerah Jawa bagian tengah, khususnya di jogja.

BUKIT CANDI ABANG

Bukit Candi Abang
Bukit Candi Abang

Dan keunikan lain dari candi Abang yaitu kedalam tanah membentuk seperti Bukit yang ada pada film Teletubbies. Hal Itu juga menjadi penyebab bukit yang ada di Candi ini sering sdinamakan oleh pegunjung dngan nama bukit teletubbies,pada bukit Candi ini juga akan terlihat berwarna hijau sangat menyala ketika berada di musim hujan, sedangkan jika musim sedang menginjak masa kemarau bukit yang mirip dengan bukit yang ada di film teletubbies ini akan berwarna seperti gundukan berwarna coklat muda , dikarenakan kondisi bukit yang sangat kering akibat panas musim kemarau. Hal tersebut dimanfaatkan para wisatawan untuk berfoto dan meikmati udara yang sangat sejuk pada pagi dan sore hari .

RELIEF CANDI ABANG

Informasi yang dimiliki candi abang ini tidaklah banyak , relief candi yang biasanya menceritakan peradaban dan kegiatan pada waktu candi tersebut digunakan tidak Nampak ,  dikarenakan candi Abang tersebut telah terkubur di dalam tanah , sehingga menyulitkan untuk menggali lagi informasi apa yang ada di Candi Abang itu.

Beberapa orang banyak yang mempunyai dugaan bahwa candi ini dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan harta karun kerajaan pada zaman dahulu, dari informasi yang didapat tersebut , banyak orang yang berperilaku kriminal dan sangat tidak bertanggung jawab karena berkunjung hanya utnuk mencari dan mengambil barang-barang berharga yang ada disana disana.. namun hal itu sekarang dapat diantisipasi , karena sekarang candi ini juga termasuk candi yang dilindungi oleh pemerintah. 

SEJARAH CANDI ABANG

Candi Abang
Foto Candi Abang

Tidak banyak informasi mengenai sejarah tentang Candi Abang yang unik ini . namun, menurut warga sekitar yang ada di Candi ini. Candi Abang ini dibangun sekitar abad ke-9 dan ke-10 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno pada saat itu . Meskipun demikian, candi ini juga diperkirakan bahwa tempat yang dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan harta karun  tersebut mempunyai umur yang lebih muda dari candi-candi bercorak Hindu lainnya

LOKASI DAN ALAMAT CANDI ABANG

Jogo Tirto , Berbah, Jogotirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
titk koordinat @-7.8103728,110.4664973

RUTE MENUJU CANDI ABANG

Rute Lokasi Candi Abang
Rute Lokasi Candi Abang

Untuk mencapai candi yang unik ini bisa melalui perjalanan dari jalan Jogja-Solo, perjalanan mengikuti arah  menuju kearah Candi Prambanan. Begitu Sampai di Terminal Prambanan, cari Jalan Raya Jogja-Piyungan Km 8. Disana sudah ada papan petunjuk arah untuk belok kekanan (barat) yang juga bertuliskan Candi Abang dan Gua Sentana.

Candi ini berada di puncak bukit di pinggir jalan desa, jauhnya hanya sekitar 1,5 kilometer sebelah Barat Jalan Raya Jogja-Piyungan. Dan disarankan bila pengunjung ingin menuju ke Candi ini sebaiknya menggunakan kendaraan beroda dua dikarenakan jalan dan aksesnya agak kurang bagus dan akses menuju ke Candi ini juga masih dikelilingi hutan.jadi jalan menuju candi ini  belum bisa jika dilalui menggunakan mobil.

HARGA TIKET MASUK KE CANDI ABANG

jika pengunjung ingin masuk ke dalam area candi abang , para pngnjung tidak akan dikenakan tarif masuk , tapi ada biaya parkir yang hanya sebesar Rp .2000 dan Rp 5.000 untuk mobil , padahal di tempat ini  kita juga dapat melihat sunset yang sangat indah dari kota Jogjakarta yang dilihat tepat dari atas bukit candi Abang

KULINER YANG ADA DI CANDI ABANG

Di lokasi candi abang ini tidak ada penjual makan maupun minuman , jadi untuk para pengunjung dan wisatawan disarankan membawa minum dan makanan sendiri dari luar supaya tidak kehausan saat berkeliling mengitari area candi abang , namun jangan lupa jaga kebersihan yang ada di candi abang ini , karena kita harus menjaga kebersihan dimanapun apalagi di tempat yang sangat bersejarah ini. JIka ingin menikmati kuliner di dekat Candi Abang ini,

HOTEL TERDEKAT CANDI ABANG

karena candi abang ini letaknya dekat degan bandara adisucipto maka, tidaklah sulit jika ingin mencari penginapan yang dekat dengan candi ini , banyak hotel yang menawarkan kenyamanan dengan harga yang sebenarnya relatif murah karena biasanya hotel yang ada di dekat bandara rata rata sangat mahal , dan diantara hotel tersebut adalah The Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa dan ada juga Grand Quality Hotel yang siap menyambut baik kdatangan anda dan juga keluarga anda untuk menginap di hotel tersebut.

Share post:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

More like this
Related