Wisata

Erdogan Umumkan Turki Ganti Nama Negara, Jadi Apa?

Erdogan Umumkan Turki Ganti Nama Negara, Jadi Apa?

Negara Turki jadi sangat populer lewat serial Layangan Putus. Kini, Turki memiliki nama baru. Nama resmi negara Turki akan segera diganti secara resmi. Presiden turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan nama negara itu akan berganti jadi “Turkiye”.

“Kata Turkiye mewakili dan mengekspresikan budaya, peradaban, dan nilai-nilai bangsa Turki dengan cara terbaik,” ujar Erdogan pekan lalu dilansir Middle East Monitor, Selasa (25/1/2022).

“Dalam rangka memperkuat nama Turkiye, dalam segala jenis kegiatan dan surat menyurat, terutama dalam hubungan resmi dengan negara lain dan lembaga dan organisasi internasional, istilah Turkiye akan digunakan sebagai pengganti istilah seperti ‘Turki’, ‘Turkei’, ‘Turquie’ dan seterusnya,” sambungnya.

Turki, lanjut Erdogan, Turki harus jadi merek negara itu di dunia internasional. Namun, belum diketahui kapan tepatnya pergantian nama tersebut diresmikan.

Seorang pejabat senior di negara itu juga mengonfirmasi Turki ganti nama negara. Namun, ia menegaskan hingga kini proses masih berjalan.

“Waktu yang tepat untuk perubahan nama masih dalam pertimbangan pemerintah,” kata dia seperti dilaporkan oleh Greek Reporter.

Alasan Turki Ganti Nama Negara

Rencana Turki ganti nama negara ini sebenarnya sudah mencuat sejak lama. Erdogan menilai bahwa nama ‘Turkey’ dalam Bahasa Inggris memiliki arti yang sama dengan kalkun.

Erdogan sendiri sedang menghadapi tekanan karena krisis ekonomi yang melanda negaranya. Inflasi Turki menembus level tertinggi dalam dua dekade, naik hingga 36% pada awal bulan.

Para ahli memprediksi inflasi bisa mencapai 50%. Haga makanan dan minuman pun melonjak hampir 44% setiap tahun.

Lira Turki juga semakin terpuruk terhadap dolar Amerika Serikat, bahkan anjlok 44% pada tahun lalu. Situasi ekonomi Turki disebut karena kebijakan pemotongan suku bunga tidak lazim yang didorong Erdogan.

Lihat Juga: Ashanty Positif COVID-19 Setelah Pulang Liburan dari Turki, Begini Kondisinya Saat Ini

Sebelumnya, wacana Turki ganti nama negara itu sudah lebih dulu beredar pada pekan lalu melalui video promosi berjudul ‘Turkiye’ dengan tema wisata. Hanya butuh waktu seminggu, hingga wacana tersebut terealisasi.

Turki sendiri sedang naik daun di Indonesia berkat serial Layangan Putus yang dibintangi Reza Rahadian, Putri Marino dan Anya Geraldine. Di mana Cappadocia jadi sorotan dan didatangi oleh banyak selebriti Tanah Air.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top