Wisata

Geopark Maros Pangkep Resmi Masuk UNESCO Global Geopark, Ada Apa Saja di Sana?

Geopark Maros Pangkep di Sulawesi Selatan

Geopark Maros Pangkep di Sulawesi Selatan secara resmi masuk UNESCO Global Geopark. Kawasan karst seluas 43.000 hektar ini menjadi yang terbesar ke-2 setelah China Selatan. Tempat ini masuk ke dalam dua kabupaten, yakni Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

Karst kelas dunia ini pun menawarkan keunikan, keindahan dan sosial budaya yang tinggi. Di sini terdapat ratusan gua yang pernah menjadi tempat tinggal manusia prasejarah. Hal ini dibuktikan dengan adanya peninggalan berupa lukisan prasejarah yang diperkirakan berusia 40.000 tahun.

Gua-gua itu juga menjadi rumah bagi jutaan spesies kupu-kupu, sehingga tempat ini mendapat julukan Kingdom of Butterfly. Lewat Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1999, terdapat sekitar 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi.

Lihat Juga: Bukan Hanya Pulau Komodo, Ini 5 Tempat Wisata di NTT yang Tak Kalah Keren

4 Tempat Wisata di Geopark Karst Maros

Selain geopark, ada juga beberapa destinasi wisata alam di Maros Pangkep, mulai dari biological site, cultural site dan geosite. Nah, berikut ini tempat wisata di kawasan Geopark Karst Maros yang wajib kamu kunjungi.

1. Desa Wisata Rammang-Rammang

Desa wisata satu ini terkenal akan atraksi budayanya seperti tarian tradisional Paduppa yang biasa ditampilkan untuk menyambut tamu.

Pada 2019, Desa Wisata Rammang-Rammang dikunjungi oleh 50.000 wisatawan. Hal ini pun memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat setempat.

Wisatawan bisa menikmati aneka produk kreatif seperti souvenir berupa kerajinan dari daun nipah. Ada pula oleh-oleh berupa makanan seperti abon telur, ikan kambu dan ikan bandeng.

2. Sungai Pute

Sungai satu ini terkenal akan keindahannya. Bentuknya yang berkelok-kelok, dikelilingi perbukitan karst khas Maros menjadikannya tampak istimewa. Sungai Pute berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

3. Air Terjun Lacolla

Geopark Maros Pangkep juga memiliki air terjun. Air terjun yang indah ini bernama Air Terjun Lacolla. Bagi pengunjung yang ingin menikmatinya harus menuruni 1.000 anak tangga. Harga tiketnya pun cukup murah, sehingga tidak ada alasan untuk melewatkannya.

Lihat Juga: Siap Sambut Wisatawan, Ini Destinasi Hidden Gems Di Bali Yang Wajib Masuk Bucket List

4. Pulau Kapoposang Pangkep

Wilayah Geopark Maros Pangkep sebagian besar berupa lautan dengan gugusan Spermonde yang menyajikan 120 pulau. Salah satu yang paling populer adalah Pulau Kapoposang Pangkep. Pulau satu ini menawarkan spot diving yang sangat cantik.

Terdapat 14 spot diving yang pasti indah. Empat spot diving yang paling dikenal yaitu Januar Point, Aquarium Point, Shark Point dan Tanjung Pont.

Nah, itu dia keempat destinasi di kawasan Geopark Maros Pangkep. Sekarang, mana nih yang paling ingin kamu datangi?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top