Wisata

Jadi Trending Topic Twitter, Ini Pesona Banda Neira yang Wajib Dikunjungi Traveller

5 Tempat Wisata di Banda Neira

Nama Banda Neira menghiasi daftar trending topic di Twitter setelah sebuah unggahan menampilkan keindahan wisata pulau ini. Terletak di Maluku Tengah, Pulau Banda Neira memiliki banyak pesona wisata, mulai dari alam, bahari, sejarah dan budaya.

Bahkan, keindahannya sempat diabadikan dalam uang kertas Rp1.000. Nah, berikut beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh traveler:

5 Destinasi Wisata di Banda Neira

1. Benteng Belgica

Benteng yang dibangun pada abad ke-16 ini wajib menjadi tujuan wisata pertama saat mengunjungi pulau ini. Benteng Belgica dibangun oleh bangsa Portugis untuk menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang menolak monopoli perdagangan pala.

Benteng ini juga pernah dipugar oleh Gubernur Banda terakhir pada tahun 1795. Dari atas Benteng Belgica, pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Api Banda yang berada di seberang pulau.

2. Benteng Nassau

Bukan hanya Benteng Belgica, di sini juga ada Benteng Nassau yang merupakan benteng Belanda pertama di pulau ini. Dibangun oleh bangsa Portugis pada tahun 1609, Benteng Nassau digunakan untuk mengontrol perdagangan pala. Benteng ini juga menjadi saksi bisu sejarah kekuasaan Portugis di wilayah ini. Meski usianya sudah ratusan tahun, namun Benteng Nassau masih tetap berdiri kokoh.

Lihat Juga: Rekomendasi Wisata Murah Sambut Libur Nasional, Wajib Kunjungi 9 Tempat ini Deh!

3. Istana Mini

Tempat wisata di Banda Neira satu ini sebelumnya adalah bekas kantor pemerintahan VOC. Dahulu tempat ini juga sempat digunakan sebagai rumah Gubernur VOC. Dengan arsitektur khas Eropa, Istana Mini memiliki salah satu ruangan menarik. Dalam ruangan itu terdapat sebuah tulisan tangan orang Eropa yang diukir di jendela. Tulisan tersebut berisi curahan hati seseorang sebelum ia memutuskan bunuh diri.

4. Rumah Budaya Banda Neira

Destinasi wisata budaya ini merupakan sebuah museum yang berisi tentang Kepulauan Banda. Dengan arsitektur khas Belanda, museum ini sebetulnya adalah rumah pribadi keluarga Des Alwi. Ia adalah sejarawan yang cukup berpengaruh di wilayah ini karena Des Alwi adalah anak angkat Bung Hatta.

Pengunjung bisa melihat beragam koleksi benda bersejarah yang menceritakan soal pembantaian di Banda yang terjadi pada 1621.

5. Rumah Pengasingan Bung Hatta

Seperti Bung Karno, Bung Hatta yang merupakan salah satu tokoh nasional juga merasakan diasingkan. Bapak Proklamator ini sempat diasingkan ke Banda Neira sebagai tahanan politik. Bersama Sutan Sjahrir, Bung Hatta menjalani pengasingan selama enam tahun, yaitu pada tahun 1936-1942. Tempat tinggal Bung Hatta selama pengasingan itu kini menjadi museum bernama Rumah Pengasingan Bung Hatta.

Lihat Juga: 5 Tempat Terindah Yang Wajib Kamu Kunjungi Sebelum Lenyap

Itu dia lima destinasi wisata di Banda Neira yang menarik untuk didatangi. Semoga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang sedang merencanakan liburan, ya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top