Wisata

Luhut Umumkan Tiket Candi Borobudur Jadi Rp750.000 bagi Wisatawan Domestik

Tiket Candi Borobudur

Candi Borobudur jadi trending topic di media sosial Twitter usai pemerintah mengumumkan wisatawan domestik dikenai biaya Rp750.000 untuk naik ke candi. Pengumuman kenaikan harga tiket Candi Borobudur itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja,” kata Luhut lewat akun Instagram miliknya @luhut.pandjaitan, Sabtu (4/6/2022).

Alasan Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono memaparkan tarif tiket Rp750.000 bagi turis domestik itu hanya untuk menaiki candi Borobudur. Sementara tarif tiket masuk kawasan candi tetap Rp50.000.

“Sementara itu, itu kan tiket untuk naik ke candi. Tiket regulernya masih tetap sama, untuk wisnus 50.000, untuk wisman USD 25. Hanya tiket untuk ini berlaku cuma sampai pelataran candi saja,” jelas Edy seperti dinukil dari Antara, Minggu (5/6/2022).

Lihat Juga: Sejarah dan Misteri Candi Borobudur

Edy menyampaikan keputusan kenaikan harga tiket Candi Borobudur itu ditetapkan lewat rapat koordinasi. Pemerintah pusat juga terlibat dalam rapat tersebut.

Ia menjelaskan alasan kenaikan harga tiket itu karena diberlakukannya sistem kuota per hari untuk yang diizinkan naik ke atas Candi Borobudur. Pemerintah menetapkan hanya 1.200 orang per hari yang diperbolehkan naik ke atas candi.

Kuota tersebut ditetapkan untuk melindungi bangunan Candi Borobudur demi menjaga kelestarian sejarah dan budaya Indonesia.

Kata Edy, bangunan Candi Borobudur mulai mengalami pengikisan dan penurunan yang diduga akibat beban berlebih oleh kunjungan wisatawan.

Sebelum pandemi COVID-19, wisatawan yang naik ke Candi Borobudur rata-rata sekitar 10.000 orang per hari. Sementara itu, semenjak pandemi akses naik ke Candi Borobudur telah ditutup. Selain itu, kunjungan wisatawan juga dibatasi hanya sampai ke halaman atau pelataran candi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top