Wisata

Mulai Hari Ini, Bali Uji Coba Bebas Karantina Bagi PPLN Divaksin Lengkap

Mulai Hari Ini, Bali Uji Coba Bebas Karantina Bagi PPLN Divaksin Lengkap

Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang sudah divaksinasi Covid-19 lengkap hingga booster bisa ke Bali tanpa karantina mulai, Senin (7/3/2022). Kabar Bali uji coba bebas karantina bagi PPLN ini dibagikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melalui Twitter pribadinya @sandiuno, Sabtu (5/3/2022).

"Sah! Sesuai arahan dari Bapak Presiden @jokowi, sudah diputuskan bahwa mulai 7 Maret 2022 Bali akan diujicobakan bebas karantina bagi para pelaku perjalanan luar negeri yang telah vaksin lengkap dan juga booster," kata Sandi.

Uji coba ini maju sepekan dari jadwal sebelumnya yang akan dimulai pada 14 Maret 2022. Menurut Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kebijakan tersebut diambil atas dasar masukan dari para ahli dan menganalisis berbagai data terkait COVID-19 di RI. Meski dipercepat dari jadwal sebelumnya, Sandi menyebut bahwa berbagai persiapan sudah dilakukan.

"Kita all out dan saya monitoring terus. Bahwa seluruh kementerian dan lembaga mendapat instruksi dari bapak Presiden Jokowi bahwa kesiapan dari uji coba ini mulai dari penyiapan surat edaran baru," jelas dia terkat kebijakan Bali uji coba bebas karantina.

Lihat Juga: 10 Tempat Makan Halal dan Murah di Bali

"Kebijakan visa baru yaitu Visa on Arrival (VoA) dari Kemenkumham, kesiapan Airlines dan bandara. Termasuk juga bagaimana mulai transportasi dari bandara ke hotel-hotel yang sudah tersertifikasi promosi kebijakan tanpa karantina serta akselerasi booster hingga 30%," lanjutnya.

Sandi juga mengatakan petugas-petugas yang bersangkutan telah siap menyambut kebijakan ini.

"Petugas di lapangan sudah siap. Di bandara seluruh elemen dari pemerintah dan masyarakat bergandengan tangan. Petugas sosial juga sudah sangat siap, petugas kesehatan di RS juga sudah siap," klaim Sandiaga Uno.

Bali Uji Coba Bebas Karantina, PPLN Wajib Instal Aplikasi Peduli Lindungi

Kebijakan Bali uji coba bebas karantina ini pun mewajibkan seluruh PPLN untuk menginstall aplikasi Peduli Lindungi. Jika positif COVID-19, mereka akan diminta mengikuti aturan yang berlaku.

"Apabila tidak ada gejala atau gejala ringan, PPLN dapat dipindahkan ke kamar isolasi yang akan disediakan oleh hotel. Kita akan awasi protokol kesehatan, jika gejala berat maka akan dirujuk ke rumah sakit yang telah ditunjuk." paparnya.

Lihat Juga: Siap Sambut Wisatawan, Ini Destinasi Hidden Gems Di Bali Yang Wajib Masuk Bucket List

Hasil dari uji coba ini pun akan jadi dasar penerapan kebijakan serupa di wilayah-wilayah lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top