Wisata

Rayakan HUT RI ke-77, Ini 4 Gunung yang Bisa Kamu Daki

HUT RI ke-77

Banyak cara untuk ikut merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Salah satu cara untuk memperingati HUT RI ke-77 ini adalah dengan mendaki gunung.

Tapalagi kalau kamu pecinta alam, momen hari kemerdekaan ini biasanya dirayakan dengan mendaki ke puncak gunung untuk mengibarkan bendera merah putih.

Kegiatan ini dilakukan oleh para pecinta alam untuk mengingat perjuangan para pahlawan yang rela berkorban demi kemerdekaan Indonesia.

Lihat Juga: Misterius : 10 Kisah Menyeramkan Pendakian Gunung Nusantara

Di Indonesia sendiri ada banyak gunung indah yang bisa didaki. Namun, tidak semua gunung sudah membuka pendakian dengan berbagai alasannya, seperti status gunung hingga pandemi COVID-19.

Saat ini, Gunung Semeru yang menjadi favorit pendaki ketika 17 Agustus, masih ditutup karena statusnya level 3 siaga. Nah, berikut empat gunung yang bisa kamu daki untuk momen HUT RI ke-77.

1. Gunung Rinjani

Gunung setinggi 3.726 mdpl ini adalah gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung Rinjani berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan merupakan salah satu tujuan favorit para pendaki untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI.

Kamu bisa mengibarkan bendera merah putih dengan latar pemandangan indah, momen ini tentu patut dikenang.

2. Gunung Kerinci

Lokasinya berada di Provinsi Jambi dengan ketinggian 3.8-5 mdpl. Mengibarkan bendera merah putih di Gunung Kerinci tentu akan menjadi pengalaman tidak terlupakan.

Lihat Juga: Menikmati Keindahan Merbabu

Banyak pendaki yang berencana memperingati HUT RI ke-77 di Gunung Kerinci karena seluruh jalur pendakiannya sudah dibuka. Tapi, pastikan kondisimu sehat dan bugar ya. Jangan lupa persiapkan perbekalan yang cukup, sebab Kerinci tidaklah mudah ditaklukkan.

3. Gunung Prau

Gunung Prau berada di Datarang Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Sejak 4 Maret 2022 lalu, pendakian di gunung setinggi 2.590 mdpl ini sudah dibuka kembali.

Biasanya, pendaki pemula memilih gunung ini untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia sembari menikmati uniknya pemandangan Bukit Teletubbies.

4. Gunung Slamet

Pilihan lainnya untuk merayakan HUT RI ke-77 adalah Gunung Slamet. Gunung yang berada di Jawa Tengah ini mempunyai ketinggian 3.432 mdpl.

Jalur pendakiannya sudah dibuka sejak 5 Mei 2022. Setiap peringatan 17 Agustus, gunung ini selalu dikunjungi oleh ribuan pendaki.

Karena cukup ramai, tentu lebih seru kalau kamu mengajak teman atau yang juga suka alam dan ingin merasakan momen peringatan Hari Kemerdekaan di puncak gunung.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top