Wisata

Ulang Tahun Jakarta, Ini 5 Rekomendasi Tempat Wisatanya

ulang tahun jakarta

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta jatuh pada Rabu (22/6/2022). Untuk merayakan Ulang Tahun Jakarta, Anda bisa menjelajahi beberapa tempat wisata yang bersejarah berikut ini.

Jakarta yang usianya bisa dikatakan tua ini punya kisah sejarah yang panjang. Banyak tempat-tempat penting yang menjadi saksi bisu hingga Jakarta bisa menjadi kota metropolitan seperti saat ini.

Tempat Wisata saat Ulang Tahun Jakarta

Merangkum berbagai sumber, berikut lima tempat wisata yang dapat dikunjungi untuk ikut merayakan Ulang Tahun Jakarta

1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Tempat pertama adalah Pelabuhan Sunda Kelapa yang berada di kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Pada masa Hindu Pajajaran, Sunda Kelapa merupakan pusat perdagangan sekaligus tempat singgah kapal-kapal dari berbagai negara untuk bertukar komoditas.

kini Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi salah satu tujuan wisata yang kerap didatangi wisatawan local maupun mancanegara. Selain melihat jejak zaman dahulu, Anda juga bisa menjelajahi museum-museum di sekitarnya.

Lihat Juga: Wisata Angker di Jakarta. Apa Saja?

2. Kota Tua

Tempat wisata saat Ulang Tahun Jakarta berikutnya adalah Kawasan kota Tua atau Old Batavia. Letaknya melintasi Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Suasana di sini masih sangat kental dengan budaya Eropa yang dapat dilihat dari bangunan-bangunannya.

Saat masa penjajahan Belanda, Batavia memang dirancang seperti negara Kincir Angin yang memiliki bangunan blok dengan kanal sebagai pemisahnya.

Jika berkunjung ke tempat ini, Anda bisa mencicipi hidangan khas Nusantara di kafe Batavia yang fenomenal.

3. Monumen Nasional

Monumen Nasional alias Monas adalah tugu bersejarah yang menjadi ikon DKI Jakarta. Letaknya di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Memasuki area Monas, Anda langsung disuguhi hamparan taman hijau dan suasana tengah kota.

Lihat Juga: 5 Tempat Kuliner Malam Jakarta Wajib Coba!

Wisatawan juga bisa masuk ke dalam tugu Monas dan naik ke atas menaranya untuk menyaksikan pemandangan Jakarta dari atas ketinggian 132 meter. Pada bagian dasar Monas terdapat Museum Sejarah Indonesia yang berisi 51 diorama sejarah nasional sejak zaman prasejarah hingga era Orde Baru.

4. Taman Mini Indonesia Indah

Dikenal juga dengan nama TMMI, tempat wisata di Jakarta ini merupakan kawasan taman rekreasi budaya Indonesia.

Di dalamnya ada banyak anjungan rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia. Ada juga wahana permainan, seperti taman legenda keong mas, kereta gantung dan theatre Imax keong mas.

5. Taman Arkeologi Onrust

Taman Arkeologi Onrust adalah sebuah kawasan cagar budaya yang banyak dikunjungi wisatawan untuk rekreasi bahari. Tempat wisata yang bisa menjadi tujuan saat merayakan Ulang Tahun Jakarta ini berada di Kepualauan Seribu. Tempat ini menjadi lokasi yang pas saat Anda ingin merasakan suasana pantai di ibu kota dengan hamparan pasir putihnya.

Lihat Juga: Romantisme Wisata Malam Jakarta

Untuk aksesnya bisa lewat kawasan Muara Kamal kemudian dilanjutkan dengan menyewa kapal menuju Pulau Onrust.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top