Health

Cara Melakukan Jogging yang Benar

Padatnya aktivitas sehari-hari mesti diimbangi dengan pola hidup sehat agar tidak mudah sakit. Mengonsumsi makanan sehat, istirahat cukup dan olahraga teratur dapat membantu menjaga kesehatan.
Agar tidak menganggu sibuknya rutinitas Anda, pilihlah olahraga yang praktis dan juga gampang dilakukan seperti jogging.
Eits, apakah benar jogging gampang dilakukan? Apakah selama ini cara Anda jogging sudah benar? Jogging dan lari itu beda, lho. Jogging artinya lari pelan-pelan maksimal lari dengan kecepatan 9,7 km/jam, di atas itu bukan lagi jogging melainkan lari. Simak artikel berikut untuk mengetahui cara jogging yang benar.

1. Pakai Peralatan yang Tepat

Sepatu yang digunakan saat melakukan jogging adalah sepatu yang memiliki sol empuk dan lentur. Selain itu pilihlah sepatu dengan leher rendah, sepatu berleher tinggi seperti sepatu basket tidak disarankan.
Pakaian untuk jogging haruslah yang berbahan menyerap keringat tapi juga cepat kering seperti pakaian berbahan spandex atau polyster. Pilih juga pakaian yang fleksibel dan tidak ketat.
Saat jogging Anda akan berkeringat dan memerlukan air minum demi mencegah dehidrasi. Untuk itu bawalah botol minum ukuran standar berisi air biasa–tidak dingin apalagi panas.

2. Yang Perlu Dilakukan Sebelum Jogging

Menentukan rute jogging haruslah direncakan sejak awal. Rute jogging harus yang aman dan tidak banyak dilalui kendaraan seperti misalnya di taman. Menentukan rute juga bisa mencegah Anda berlari terlalu jauh sehingga berakibat kepada cedera dan kelelahan.
Pemanasan sangat perlu dilakukan. Jantung mudah stress saat memulai olahraga. Pemanasan membantu menambah denyut jantung yang menjadi penanda bahwa seluruh tubuh Anda sudab siap diajak berolahraga. Pemanasan sederhana yang bisa Anda lakukan sebelum jogging adalah jalan cepat selama beberapa menit.

3. Postur Tubuh Mempengaruhi Kualitas Jogging

Anda tidak boleh menundukkan kepala saat Jogging karena hal itu dapat membuat udara sulit masuk melalui saluran pernapasan sehingga kemungkinan besar Anda akan cepat lelah nantinya. Posisi kepala harus tegak, tidak menunduk apalagi mendongak. Rileks saja.
Sedangkan untuk lengan, lengan dan siku Anda harus membentuk 90 derajar ketika jogging. Lengan diayunkan depan-belakang mengikuti irama lari Anda. Gerakan ini berfungsi agar Anda tidak jatuh saat jogging.
Beda lagi dengan tangan. Telapak tangan Anda harusnya mengepal dengan rileks, tidak terlalu kencang ataupun terlalu kendur. Telapak tangan yang mengepal sangat erat hanya akan menambah ketegangan pada otot sehingga jogging Anda menjadi tidak nyaman.
Posisi perut pun mesti diperhatikan. Jika Anda jogging untuk merampingkan perut, maka cobalah tarik perut Anda ke dalam dan tahan dalam posisi itu selama Anda jogging.
Postur kaki yang tepat juga mempengaruhi kualitas jogging Anda. Pada saat menapak tanah, bagian depan kakilah yang harus menapak tanah lebih dulu dan bukannya tumit ataupun bagian tengah kaki.

4. Pernapasan yang Tepat

Jika Anda sering mengalami nyeri perut saat jogging, coba perhatikan pernapasan Anda. Aturan bernapas saat jogging adalah, dua langkah tarik napas dan dua langkah membuang napas. Ingat bahwa pernapasan yang benar adalah tarik napas lewat hidung dan mengembuskannya lewat mulut. Bila napas terasa berat, kurangi kecepatan lari. Berjalan adalah salah satu cara beristirahat yang tepat saat jogging yang bisa Anda coba jika mulai merasa lelah. Mengatur napas seperti cara di atas bagus untuk melatih jantung Anda.

5. Jarak yang Disarankan

Untuk pemula, sebaiknya melakukan jogging dengan jarak pendek sehingga tidak kelelahan. Nanti, seiring berjalannya waktu dan bersamaan dengan tubuh Anda yang semakin kuat dan terlatih, barulah Anda dibolehkan menempuhjarak jogging yang agak jauh.

6. Lakukan Secara Teratur

Untuk mendapatkan hasil jogging yang berkualitas, Anda mesti rutin melakukannya kira-kira 150 menit setiap minggu. Jadi, berdasarkan waktu tersebut, Anda mungkin bisa memulai jogging dengan durasi 20 – 25 menit per harinya. Ketahuilah, jogging setiap hari lebih baik dari lari dua hari sekali.

7. Lakukan Dengan Senang Hati

Anda tidak boleh mengalami tekanan saat sedang jogging. Beragam motivasi seperti ingin mendapatkan tubuh langsing boleh saja, asal tidak menjadi target utama yang pada akhirnya malah membebani Anda. Lakukanlah jogging di tempat-tempat yang menyenangkan seperti taman kota atau acara car free day. Nikmati udara pagi maupun sore yang Anda temui. Sapalah orang-orang yang Anda lewati dengan tersenyum. Hal seperti itu dapat membantu Anda lebih rileks sehingga tidak terlalu memikirkan tubuh langsing Anda. Jadikan sehat dan bugar sebagai tujuan utama Anda melakukan jogging.

Kesehatan memang penting dan olahraga adalah salah satu yang dibutuhkan tubuh agar sehat. Mulai sekarang, tanamkan niat dalam diri Anda untuk jogging teratur untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar. Demikian artikel dari kami tentang cara jogging yang benar, semoga memberi manfaat untuk Anda. Selamat jogging!
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top