Health

Keputihan, Vagina Gatal dan Bau? Ini Cara Mengatasinya!

Keputihan, Vagina Gatal dan Bau

Semua wanita pasti paling memperhatikan kebersihan dan kondisi organ intimnya. Melakukannnya bukanlah hal yang bisa dibilang mudah. Perlu kerajinan dan teliti dalam membersihkan, menjaga dan merawat organ intim.

Gangguan yang sering dialami biasanya adalah bau tak sedap dan keputihan. Keputihan yang anda alami mungkin sesuatu yang normal terjadi. Karena saat wanita mengalami perubahan dan peningkatan jumlah hormone saat akan haid atau hamil, hal itu akan terjadi bahakan frekuensinya akan sering.

Bahkan bisa disebabkan oleh rasangan seksual, memakaian kontrasepsi kb, stress dan kelelahan bahkan karena konsumsi obat.

Sementara bau tak sedap mungkin anda sudah tahu hal itu sering disebabkan hal – hal seperti tidak mengganti celana dalam dan tampon atau karena infeksi bakteri.

Jenis Keputihan

Keputihan sendiri dibagi menjadi dua.

Keputihan fisiologis, biasanya tidak berbau dan tidak gatal. Keputihan ini normal terjadi pada wanita, dan tidak memerlukan pengobatan. Dan jumlah cairan keputihan pun tergantung beberapa kondisi seperti saat masa ovulasi, saat menyusui, dan saat terangsang secara seksual maka cairan keputihan yang dikeluarkan akan relatif banyak.

Keputihan patologis, biasanya menimbulkan bau yang tidak sedap dan menimbulkan rasa gatal pada kemaluan. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan besar sedang ada infeksi atau juga gangguan lain yang terjadi pada area kewanitaan anda. Cairan keputihan yang tidak normal biasanya berwarna kecoklatan, hijau, putih susu dan bercampur darah, dan disertai gatal dan bau.

Cara Mengatasi Keputihan

Agar organ intim anda tetap sehat dan terawat serta tidak mengalami gangguan tersebut, maka kami akan berikan beberapa tips yang bisa membantu anda :

  1. Ganti celana dalam anda setiap hari dan minimal 2–3 kali sehari. Ini penting untuk menjaga aroma vagina anda agar tidak bau.
  2. Gunakan celana dalam berbahan katun atau sutra. Hindari bahan sintetik. Hal ini untuk mengurangi iritasi di area sekitara organ intim anda.
  3. Usahakan jangan terlalu lama menggunakan pakaian yang terlalu ketat seperti stocking atau jeans. Itu dapat membuat daerah kewanitaan anda menjadi lebih lembab dan membuat iritasi serta meningkatkan pertumbuhan jamur dan bakteri.
  4. Hindari pemakaian barang – barang yang mengandung pewangi untuk dareah kewanitaan (contoh pembalut yang mengandung pewangi, tissue kewanitaan yang berpewangi dan berpewarna, dan lain–lain). Ini dapat menimbulkan iritasi pada area kewanitaan anda. Dan bahan–bahan kimia tersebut juga tidak disarankan oleh dokter terlalu sering anda gunakan.
  5. Jika sedang dalam masa haid, rajinlah menggati pembalut anda minimal 3 kali sehari. Agar kuman tidak berkembang biak didalamnya. Karena dalam darah haid anda bisa jadi sarang bakteri dan kuman yang mana bila terlalu lama anda pakai akan teralu lama pula bersentuhan dengan organ intim anda.
  6. Selalu bilas pakaian anda secara bersih sehingga tidak ada sisa bahan deterjen atau iritan lainnya. Karena hal itu bisa menggangu kebersihan organ intim anda. Dan menyebabkan gatal disertai iritasi.
  7. Bila perlu hindari penggunaan sabun pembersih dan bedak pewangi oragan intim. Karena seperti disebutkan diatas hal–hal kimia ini sangat tidak disarankan oleh dokter. Ini akan menggangu kondisi bakteri baik yang ada di organ intim anda.
  8. Bilas organ intim anda dengan arah dari depan kebelakang. Untuk menghindari adanya perpindahan bakteri atau kuman dari anus ke vagina. Dan gunakan air mengalir untuk pembilasan karena di dalam penampungan air bisa jadi tempat berkumpulnya bakteri.
  9. Harap tidak melakukan vaginal douching itu bisa membuat iritasi, bahkan membuat bakteri baik di organ intim anda mati.
  10. Jangan berhubungan intim diluar nikah dan berganti–ganti pasangan. Lebih baik anda selalu setia denga satu pasangan anda. Ini membantu anda tidak tertular penyakit menular seksual.

Bila anda sudah melakukan semua tips diatas, maka sangat dianjurkan ditambahkan dengan melakukan metode terapi ozon khusus vagina yaitu Terapi Insuflasi Ozon Vagina dan Ozon Water Vagina.

Metode ini untuk membuat vagina anda tetap sehat, bersih dan nyaman. Metode ini juga mampu membantu anda dalam mengobati infeksi di area kewanitaan anda.

Obat Keputihan

Obat Keputihan
Obat Keputihan Alami

Beberapa bahan alami yang dapat mengobati keputihan, yang tentunya  bahan-bahan ini mudah didapat disekitar anda.

1. Daun Sirih
Daun sirih mempunyai segudang manfaat yang tidak dapat diragukan lagi, salah satunya untuk mengobati keputihan. Anda cukup merendam daun sirih di air secukupnya selama satu sampai dua jam. Kemudian anda gunakan air tadi untuk membasuh daerah kewanitaan. Anda juga dapat menggunakan sabun sirih yang sudah jadi, tetapi ingat lah untuk memilih sabun sirih dengan kadar asam yang tidak terlalu tinggi yang dapat merusak ekosistem bakteri pada “vagina”.

2. Bawang putih 
Sejak dulu memang bawang putih dipercaya untuk mengobati keputihan. Siapkan satu siung bawang putih, kupas dan cuci hingga bersih kemudian potong menjadi dua bagian dan letakkan diatas vagina saat sebelum tidur dan biarkan hingga pagi.

3. Kunyit 
Tidak hanya untuk mengobati hipertensi yang saya bahas pada artikel yang lalu, kunyit juga punya khasiat mengobati keputihan. Kandungan antibakteri dalam kunyit dapat digunakan untuk menyingkirkan bakteri penyebab keputihan abnormal. Pertama pilihlah kunyit yang sudah berusia 1 tahun ambil sebanyak 2 rimpang, daun beluntas sebanyak 1 genggam, satu genggam buah asam, dan satu potong gula aren. Rebus bahan tersebut dalam satu liter air, rebus sampai mendidih kemudian angkat dan saring menggunakan saringan. Minum ramuan ini secara rutin satu gelas satu hari.

4. Biji ketumbar 
Anda cukup merendam biji ketumbar selama satu malam. Pada saat pada pagi hari saat perut masih kosong minumlah air rendaman biji ketumbar ini. Lakukan secara rutin selama satu minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Biji mangga 
Keringkan biji buah mengga yang telah dipisahkan dengan daging buahnya. Setelah kering tumbuk hingga menjadi serbuk. Kemudian campurkan bubuk biji buah mangga dengan beberapa tetes air hingga membentuk seperti adonan cream. Dan oleskanlah cream tadi pada vagina untuk mengatasi keputihan abnormal.

6. Akar mawar 
Tuhan menciptakan berbagai tanaman dan tentu juga dengan manfaat yang sangat membantu pada kehidupan manusia. Contohnya tanaman mawar, bunga mawar sendiri diyakini mampu merawat kulit wajah, dan untuk akarnya diyakini mempunyai khasiat menyembuhkan keputihan. Anda cukup merebus akar mawar yang sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan air secukupnya dan minumlah air tersebut.

To Top