Sports

Laga Perdana Piala Presiden 2015: Bali United Bungkam Persija

Portal Berita

Laga perdana pertama Piala Presiden 2015 diwarnai dengan tumbangnya tim ibukota, Persija Jakarta. Tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut harus mengakui keperkasaan Bali United dengan skor telak 3-0, Ahad (30/8).

Bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Persija kalah agresif sejak pertandingan dimulai. Terbukti, Serdadu Tridatu, julukan Bali United, langsung menciptakan satu peluang lewat Sultan Samma pada menit kedua. Beruntung bagi Persija, tembakannya masih belum menemui sasaran.

Beberapa menit kemudian, tepatnya pada menit ke-10, keberuntungan Persija menghilang. Bali United sukses membuka keunggulan lewat Sandi Darma Suta yang berhasil meneruskan tendangan bebas Fadhil Sausu. Skor berubah, Bali United 1-0 Persija.

Tertinggal satu gol, pertahanan Persija terus tertekan. Persija sempat mendapat peluang pada menit ke-27. Namun, Fadhil yang bertugas sebagai eksekutor tendangan bebas gagal memanfaatkan kesempatan setelah hasil sepakan melambung tinggi. Tiga menit berselang, Bali United yang malah mampu menggandakan keunggulan. Gol kedua Bali United dicetak Sultan Samma yang melepaskannya dengan sempurna dari luar kotak penalti. Bola hasil tendangannya mengarah ke pojok kanan atas gawang Andritany.

Setelah itu, Bali United terus menciptakan peluang. Fadhil nyaris menambah keunggulan untuk Bali United. Namun kali ini, Andritany berhasil mengamankan gawangnya pada menit ke-35.

Para pemain Persija tampak kesulitan mengembangkan permainan dan cenderung hilang konsentrasi. Mereka mulai terlihat frustasi. Akibatnya, Alan Aciar diusir wasit setelah mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-42.

Unggul satu pemain, Bali United semakin menekan. Memanfaatkan keuntungan tersebut, Bali United kembali menjebol gawang Persija beberapa detik jelang turun minum. Kali ini, Lerby Eliandri menambah mimpi buruk bagi Persija. Lerby mampu memperbesar skor bagi Bali United setelah sukses melakukannya dengan sempurna setelah mendapatkan umpan silang dari Sandi Darma lewat sundulan. Babak pertama lalu usai, Bali United unggul 3 gol tanpa balas.

Masuk babak kedua, Persija mengganti Bambang Pamungkas dan Dirga Lasut dengan James Koko Lomel dan Gunawan Dwi Cahyono. Akan tetapi, Persija tetap tak bisa keluar dari tekanan. Bali United tetap tampil agresif dan dominan di awal babak kedua ini. Buktinya, Lerby dan Sultan Samma mempunyai peluang, namun belum menemui sasaran yang tepat.

Hingga laga usai, kedua tim tidak ada yang mampu mencetak gol. Skor 3-0 tetap bertahan. Bali United memastikan kemenangan.

Dengan kemenangan tersebut, Bali United berhak mengantongi tiga poin sekaligus memimpin klasemen grup C. Sementara itu, Persija gagal mendapat poin di laga perdana dan berada di posisi juru kunci.

Jokowi Buka Piala Presiden 2015

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo membuka laga perdana Piala Presiden 2015 dengan melakukan tendangan bola pertama. Ia juga memberikan pidato singkat sebelum pertandingan digelar. Dalam pidatonya, ia menyatakan bahwa tak kuatir dengan Indonesia mendapat sanksi FIFA untuk menjadikan sepak bola menjadi lebih lebih baik.

“Saya senang sekali pertandingan bola akhirnya bisa bergulir lagi,” kata Jokowi dalam sambutannya di hadapan sekitar 40 ribu penonton, dikutip Liputan 6.

“Sekali lagi saya tegaskan, kebangkitan sepak bola Indonesia dan perbaikan total adalah pilihan yang kita ambil demi memperbaiki sepak bola ke depannya,” ucapnya.

Usai berpidato, Presiden Jokowi diberi kesempatan untuk memahat trofi juara yang terbuat dari kayu. Selanjutnya pahatan Presiden Jokowi tersebut akan dilanjutkan dan disempurnakan pemahat Bali, Ida Bagus Lasem.

Tak lama, Jokowi lalu turun ke lapangan. Ia bergabung bersama tim Bali United dan Persija Jakarta yang berlaga dalam pertandingan perdana ini untuk melakukan kick off.

Dalam cara pembukaan ini, hadir juga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Kapolri Badroddin Haiti, dan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, serta Direktur PT CEO Mahaka Group Erick Thohir.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top